Remi Garde Akan Jadi Manajer Baru Villa

Aston Villa akan menunjuk mantan manajer Lyon, Remi Garde sebagai manajer baru mereka pada hari Senin ini – menggantikan Tim Sherwood.

Pria asal Perancis itu akan menandatangani kontrak selama tiga setengah tahun dan akan menyaksikan pertandingan tandang hari Senin ini ke Tottenham dari tribun. Manajer berusia 49 tahun itu akan mewarisi tim dengan peringkat terbawah di Liga Premier dengan hanya empat poin dari 10 pertandingan.

Pelatih Bastia, Reginald Ray akan menjadi asisten Garde dan pasangan tersebut akan mengambil alih tugas manajerial dalam pertandingan tandang melawan Manchester City pada hari Minggu mendatang. Garde membawa Lyon meraih peringkat keempat, ketiga dan kelima selama tiga musim dari tahun 2011 sebelum meninggalkan klub pada tahun 2014 untuk alasan “pribadi dan keluarga”.

Siapakah Remi Garde?

Mantan gelandang – yang merupakan pemain pertama yang dikontrak oleh Arsene Wenger di Arsenal – tampil sebanyak enam kali untuk negaranya. Setelah pensiun sebagai pemain pada usia 33, ia melatih di Lyon sebelum menjadi manajer pada tahun 2011. Wenger menegaskan kepala eksekutif Villa, Tom Fox – yang juga seorang mantan karyawan Arsenal – telah menghubunginya untuk membahas silsilah Garde.

Garde – yang juga pernah bermain untuk Lyon dan Strasbourg – pernah menjadi asisten mantan manajer Villa, Gerard Houllier di Lyon dan keduanya membahas mengenai klub Midlands tersebut pekan ini. “Saya mengatakan kepadanya mereka adalah klub besar dengan fasilitas yang sangat baik, penggemar yang sangat baik dan mereka memiliki direktur utama yang mendukung Anda,” kata Houllier kepada Daily Telegraph.

“Dia bukan seseorang yang tidak memiliki pengalaman, ia berbicara bahasa Inggris dan akan bisa menyampaikan ide-ide dan filosofinya. Filosofinya akan menitik-beratkan pada serangan, dia suka untuk membangun timnya dari belakang.” Satu-satunya prestasi besar Garde sebagai manajer adalah pada tahun 2012, ketika ia membawa Lyon lolos ke Piala Perancis.