Swansea 2-2 AFC Bournemouth

Ayew 28 ‘
Shelvey 39 ‘(pen)

Raja 10 ‘
Gosling 26 ‘

Swansea City bangkit dari ketertinggalan 2-0 untuk meraih hasil imbang yang mendebarkan melawan Bournemouth.

Joshua King dan Dan Gosling membawa tim tamu mengendalikan pertandingan untuk meningkatkan tekanan pada manajer Swans, Garry Monk. Tendangan tumit Andre Ayew dan penalti Jonjo Shelvey yang menyamakan kedudukan bagi Swansea pada akhir babak pertama yang menegangkan.

Bournemouth mendominasi setelah istirahat paruh waktu, tetapi hasil satu poin itu membuat mereka tetap berada di zona degradasi, sementara Swansea tetap di peringkat ke 14. Meskipun Swans tetap menjaga selisih lima poin dari tiga tim terbawah, hasil satu kemenangan dalam sembilan pertandingan Liga Premier membuat masa depan Monk terus menjadi tanda tanya.

Tekanan Pada Monk

Monk telah berada di bawah pengawasan ketat sebelum pertandingan ini, dengan adanya laporan yang manajer berusia 36 tahun itu akan dipecat yang didorong oleh orang-orang dengan “agenda”. Dalam upaya untuk mengatasi kemerosotan timnya, ia mencopot empat pemain tetap dari tim pertama – Federico Fernandez, Gylfi Sigurdsson, Jefferson Montero dan Bafetimbi Gomis dan membuat jalan bagi Kyle Bartley, Leon Britton, Wayne Routledge dan Eder.

Salah satu dari pemain yang ditarik itu membuat kesalahan yang menyebabkan terjadinya gol pembuka, ketika Bartley mencoba menyapu bola yang malahan membentur Ki Sung-Yueng dan kemudian jatuh ke Junior Stanislas, yang memberikan operan bagi King untuk mencetak gol. Pertahanan Swansea yang compang-camping, dan setelah gol Stanislas dianulir karena offside, tim tuan rumah lagi-lagi kebobolan gol saat Gosling melepaskan tendangan ke pojok atas gawang dan menggandakan keunggulan bagi Bournemouth.

Keadaan Berbalik Di Babak Pertama

Gol Gosling menimbulkan ejekan dari para penggemar tuan rumah, tapi ejekan itu segera digantikan oleh teriakan penyemangat saat keberanian Ayew membelah dua ketertinggalan mereka. Setelah menerima sundulan Shelvey di kotak penalti, Ayew memiliki waktu untuk berbalik, tetapi ia melepaskan tendangan tumit ke pojok bawah.

Pemain asal Ghana itu juga memainkan peran penting dalam menyamakan kedudukan, saat ia berlari menyambut operan Britton dan dianggap telah tersandung oleh Simon Francis – meskipun tayangan ulang menunjukkan Ayew jatuh karena tersandung kakinya sendiri. Shelvey dengan yakin mencetak gol dari titik penalti, dan dengan hasil imbang yang diraih timnya dan fans tuan rumah di belakang mereka, Monk tampak sedikit lebih nyaman di pinggir lapangan.