Duo Madrid Disanksi Larangan Transfer oleh FIFA

Apabila Barcelona baru menyelesaikan sanksi larangan transfer dari FIFA, dua musuhnya di Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid justru baru mulai dihukum. Kasusnya pun sama yakni perekrutan pemain di bawah umur.

Kita tahu sebelumnya Barca harus menjalani sanksi larangan transfer pada dua edisi jual beli pemain selama 2015. Sanksi itu sudah tuntas Januari ini, ditandai dengan bermainnya Arda Turan serta Aleix Vidal yang direkrut pada musim panas kemarin.

Dan kali ini giliran Atletico dan Madrid yang dihadiahi hukuman serupa atas kasus yang sama yaitu transfer pemain-pemain junior. Investigasi dilakukan di tubuh Atletico dari 2007 sampai 2014, sementara Madrid diselidiki terkait seluruh kesepakatan di rentang 2005-2014.

Klub-klub Ibukota Spanyol itu dilarang melakukan aktivitas jual beli pemain pada musim panas 2016 dan musim dingin 2017 mendatang. Namun mereka masih diperbolehkan melakukan transfer di musim dingin ini.

“Atletico dan Real Madrid diketahui telah melakukan pelanggaran dari beberapa ketentuan transfer internasional dan registrasi pertama atas para pemain minor, termasuk juga ketentuan relevan lainnya dalam aspek registrasi serta partisipasi atas pemain tertentu di kompetisi-kompetisi,” ungkap pernyataan FIFA seperti dilansir Football Espana.

“Dengan ini mereka tidak bisa menjalani transferyang mencegah mereka mendaftarkan pemain di level nasional dan internasional dalam dua periode registrasi berikutnya secara berturut-turut dan penuh.”

Tak hanya sanksi embargo transfer, Los Colchoneros serta El Real pun dihadiahi denda. Atletico mendapatkan dikenakan denda lebih besar senilai 822 ribu euro sementara Madrid 329 ribu euro.