Lahm Buka Peluang Gantung Sepatu Lebih Cepat

Philipp Lahm telah punya rencana untuk meninggalkan dunia sepakbola tahun 2018 mendatang. Namun apabila ada perubahan situasi, bisa jadi Lahm bakal pensiun lebih cepat dari yang direncanakan.

Lahm sendiri masih punya kontrak resmi bersama Bayern Munich hingga 2018. Ketika masa berlaku kontrak itu tuntas, Lahm pun bakal menepi dari sepakbola profesional.

Namun mantan kapten tim nasional Jerman itu tak menutup kans gantung sepatu lebih awal. Apabila kondisi fisiknya sudah tidak kuat atau ada pemain yang mampu menggantikan posisinya, pemain berusia 32 tahun tersebut siap pensiun sebelum kontraknya habis.

“Kontrak saya sekarang masih akan berlaku hingga musim panas 2018 dan tentu saja saya takkan makin muda, tapi lebih tua, dan Anda selalu harus bertanya kepada diri sendiri sebagai atlet profesional,” ujar Lahm kepada Bild seperti dikutip ESPN FC.

“Apabila ada satu pemain datang dan dan memainkan peran saya lebih baik daripada saya, atau pun saya mulai sadar tidak bisa mempertahankannya lagi, maka tentu saya harus segera memikirkan kemungkinan pensiun lebih awal,” katanya.

Usai berhenti jadi aktor lapangan hijau, Lahm tak mau jauh-jauh dari dunia yang membesarkan namanya itu, khususnya Bayern. Dia harap bisa mengambil peran penting di tubuh Die Roten.

“Saya tentu ingin ikatan jangka panjang dengan klub ini tetap ada,” ucap Lahm.

Lahm telah lebih dulu istirahat dari tim nasional Jerman. Dia hengkang dari Der Panzer usai berhasil merengkuh gelar Piala Dunia 2014 Brasil lalu.

Selama berseragam Bayern, banyak titel bergengsi yang sudah dipersembahkan oleh Lahm seperti tujuh kali juara Bundesliga, enam DFB Pokal serta satu kali Liga Champions. Total dirinya tampil di 455 pertandingan dengan lesakkan 14 gol di seluruh kompetisi.