Hadapi Napoli, Juventus Dipastikan Tanpa Chiellini

Juventus dipastikan tak bisa menurunkan salah seorang defender terbaiknya, Giorgio Chiellini, ketika meladeni Napoli pada akhir pekan ini. Chiellini diterpa cedera betis dan terpaksa menepi.

Bek internasional Italia itu cedera tatkala membantu Juve menumpas Frosione dua gol tanpa balas, Minggu (7/2/2016) lalu. Pemain berusia 31 tahun tersebut harus menyudahi laga lebih cepat dan digantikan Daniele Rugani di interval kedua.

Chiellini langsung melakukan sejumlah pemindaian dan hasilnya memperlihatkan jika otot soleus (otot yang terletak di bagian bawah betis) kaki kanannya robek. Si pemain pun diperkirakan istirahat paling tidak satu bulan.

Dengan begitu, Chiellini pun tak bisa unjuk gigi saat menjalani laga kontra Napoli di Juventus Stadium, Sabtu (13/2) mendatang. Dirinya masih harus absen kala menghadapi Bologna (19/2) dan leg pertama fase perdelapan final melawan Bayern Munich (23/2).

Guna menutupi lubang yang ditinggalkan Chiellini, manajer Massimiliano Allegri pun akan memilih tiga opsi. Pilihan pertama ialah menurunkan Daniele Rugani sebagai starter dan tetap mempertahankan skema 3-5-2.

Namun hal itu tetap menyimpan risiko mengingat minimnya Rugani di level teratas. Padahal musuh yang bakal ia hadapi merupakan bomber-bomber tajam seperti Gonzalo Higuain dan Robert Lewandowski.

Opsi kedua adalah menurunkan Stephan Lichtsteiner sebagai pengganti Chiellini. Pengalaman Lichtsteiner di lini belakang memang tak perlu diragukan, namun posisi aslinya merupakan seorang bek sayap kanan dan ia belum terbiasa memainkan peran sebagai bek tengah.

Sedangkan yang ketiga adalah merubah formasi dengan empat pemain di depan penjaga gawang. Apabila pilihan ini yang dipakai, maka Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli bakal menjadi duo di jantung pertahanan.