Andriy Shevchenko Ditunjuk Sebagai Asisten Pelatih Timnas Ukraina

Mantan bintang AC Milan, Andriy Shevchenko, akhirnya kembali ke dunia lapangan hijau. Shevchenko bergabung bersama tim nasional Ukraina sebagai asisten pelatih.

Pemilihan Shevchenko sebagai asisten manajer timnas Ukraina diumumkan pada Selasa (16/2). Shevchenko bakal mendampingi pelatih kepala Mykhaylo Fomenko. Shevchenko yang kini berusia 39 tahun menggantikan posisi Olexandr Zavarov yang kontraknya tidak diperpanjang.

“Usai hampir empat tahun beristirahat, aku kini kembali ke dunia sepakbola, sebagai seorang pelatih,” ujar Shevchenko yang dikutip Sky Sports.

“Aku pernah bersama-sama dengan pelatih-pelatih top seperti Valery Lobanovskyi, Carlo Ancelotti, Jose Mourinho dan sudah mendapat banyak pengalaman,” tuturnya.

Ketika masih menjadi seorang pemain, Shevchenko pernah memperkuat Dynamo Kiev, AC Milan, dan Chelsea. Ia berperan besar membawa I Rossoneri menjuarai titel Liga Champions pada 2003 dan mendapat gelar Ballon d’Or di tahun berikutnya.

Di kancah internasional, Shevchenko mengumpulkan 111 caps bersama timnas dan mengemas 48 gol. Dia ikut serta dalam gelaran Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2012.

Usai gelaran Piala Eropa 2012, yang mana Ukraina ditunjuk sebagai tuan rumah bersama Polandia, Shevchenko menepi dan memilih ke dunia politik. Dirinya sempat disodori tawaran melatih timnas Ukraina pada November 2012, namun ditolaknya. Akan tetapi setelah merampungkan kursus kepelatihannya, dia akhirnya bersedia bergabung dengan timnas.

“Kursus kepelatihan membuat ilmuku bertambah dan membantu menemukan visi sepakbolaku sendiri. Semoga ini bisa membuatku lebih baik di masa depan,” kata Shevchenko.

Timnas Ukraina tergabung dalam Grup C putaran final Piala Eropa 2016 bersama Jerman, Polandia, dan Irlandia Utara.