FIFA Resmi Jatuhkan Denda Untuk Franz Beckenbauer

Komite Etik FIFA menjatuhkan sanksi serta denda kepada Franz Beckenbauer usai dirinya gagal bekerja sama dalam penyelidikan soal bidding Piala Dunia 2018 dan 2022.

Beckenbauer sendiri memiliki satu hak suara saat Rusia dan Qatar terpilih sebagai penyelenggara turnamen Piala Dunia 2018 dan 2022 secara berurutan.

Sanksi denda sebesar 7 ribu Francs Swiss diberikan pada eks pemain timnas Jerman itu setelah ia dianggap tidak bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan soal pemilihan kedua negara itu untuk Piala Dunia.

Beckenbauer menjabat sebagai pimpinan komite penyelenggara untuk Piala Dunia 2006 di Jerman kendati FIFA menegaskan jika kasus ini takkan menelaah terkait soal turnamen di negri kelahiran pria 70 tahun itu.

“Keputusan ini dibuat berdasarkan hasil penyelidikan oleh pimpinan investigasi, Vanessa Allard, anggota dewan investigasi dari Komite Etik,” jelas FIFA dalam keterangannya seperti dikutip Sky Sports.

“Dalam hal ini Mr Beckenbauer tidak berhasil bekerja sama dengan penyelidikan Komite Etik yang dilakukan oleh chairman kala itu dari dewan Komite Etik soal pemilihan Piala Dunia 2018/2022, walau ia sudah berulang kali dimina bantuan.

“Itu termasuk permohonan penyediaan informasi dalam wawancara langsung dan merespons pertanyaan tertulis yang diberikan dalam bahasa Inggris dan Jerman.”

“Karena dalam prosesnya Mr Beckenbauer memperlihatkan keinginan untuk membantu, dia telah dihukum dengan denda 7.000 CHF serta peringatan. Mr Beckenbauer sebelumnya juga mendapat sanksi untuk sementara waktu sehubungan dengan kasus saat ini,” sebut pernyataan tersebut.