China Siap Bersaing di Piala Dunia 2016

Manajer klub Liga China Shanghai SIPG Sven-Goran Eriksson yakin bahwa timnas China, didukung penuh Presiden Xi Jinping, bakal menjadi kekuatan baru di ranah sepakbola. China pun diyakini mampu memperebutkan gelar juara pada Piala Dunia 2026.

Saat ini klub yang dinaungi Eriksson, seperti kebanyakan klub Liga Super China lainnya, sedang melakukan investasi besar-besaran dalam merekrut amunisi baru serta fasilitas klub.

Hal tersebut tak lepas dari permintaan Xi Jinping supaya orang-orang yang terlibat di lapangan hijau dalam negri segera melakukan pembenahan usai kegagalan di fase grup Piala Dunia 2002 silam.

Saat ini China juga terancam gagal melangkah ke kualifikasi Piala Dunia 2018. Namun Eriksson, yang sempat memimpin timnas Pantai Gading pada Piala Dunia 2010 lalu, menilai China bakal ‘memetik buah’ hasil investasi besar-besarannya.

“10-15 tahun ke depan, saya pribadi menyimpan keyakinan China bakal bersaing untuk memperebutkan Piala Dunia. China memiliki masa depan cerah,” kata Eriksson seperti dikutip Reuters.

Eriksson memulai kiprahnya di China pada 2013 silam bersama Guangzhou R&F, sebelum menyeberang ke Shanghai semusim kemudian dan membawa klub tersebut menempati posisi kedua klasemen akhir musim lalu.

Menurut pelatih berusia 68 tahun yang pernah meraih gelar liga di Portugal bersama Benfica dan Lazio di Italia, disamping juga melatih tim nasional Inggris dan klub Manchester City itu, keputusannya memilih Liga China adalah langkah tepat dalam kariernya.

“Saya rasa saya ada di tempat yang pas dan waktu yang tepats,” ucap Eriksson yang juga pernah melatih Meksiko, Sampdoria, dan Leicester City, disamping menempati posisi-posisi teknis di klub-klub Dubai dan Thailand tersebut.

“Saya sangat beruntung. Saya berada di Italia era 90an saat setiap pemain sepakbola ingin ke Italia karena di sana ada uang dan sepakbolanya pun sangat bagus.