Pertahanan Jadi Prioritas Mourinho

Soal bagaimana gaya permainan Manchester United di bawah arahan Jose Mourinho nanti, Benni McCarthy yang pernah main untuk Mourinho bersama Porto memiliki sedikit komentar.

Menurut McCarthy, yang membukukan 24 gol dari 41 pertandingan musim 2003-2004 silam kala saat Porto-nya Mourinho memenangi liga Portugal dan Liga Champions, pertahanan merupakan area terpenting dari gaya peracik taktik 53 tahun itu.

United sendiri musim lalu hanya kemasukan 35 gol di Liga Primer Inggris, total kebobolan paling minim sepanjang musim itu bersama dengan Tottenham Hotspur. McCarthy merasa aspek tersebut bakal terus dipoles Mourinho.

“Bagi Jose, lini belakang merupakan prioritas,” kata McCarthy kepada FourFourTwo dan dikutip Express.co.uk.

“Tim-tim lain sudah tidak lagi takut melawan Manchested United seperti dulu. Kendatipun pertahanan mereka tak banyak kemasukan gol (musim lalu) tetap terlihat rentan dan tim rival memiliki kesempatan mengalahkan mereka.

“Dia menginginkan untuk bisa tampil sangat disiplin. Tidak terus-terusan menyerang, menyerang dan menyrang. Ia berhati-hati, juga memastikan lawan tidak bisa dengan bebas membuat anda hancur. Dia amat detil mempersiapkan diri untuk lawan, lebih baik dari siapa saja,” tutur mantan pesepakbola asal Afrika Selatan itu.

Mourinho sendiri bukannya tidak mampu menerapkan gaya menyerang untuk timnya. Hal itu terlihat saat membesut Real Madrid dari 2010–2013. Memenangi La Liga musim 2011–12, mereka mencatatkan 100 poin atau rekor sepanjang sejarah klub itu.