Guardiola Puji Fleksibilitas Fernandinho

Juru strategi Manchester City, Pep Guardiola, memberi pujian atas fleksibilitas Fernandinho sebagai pemain. Guardiola menyebut pemain internasional Brasil itu bisa dimainkan di 10 posisi berbeda.

Selama ini Fernandinho sering dimainkan sebagai gelandang jangkar oleh City. Namun Guardiola merasa jika pemain 31 tahun ini juga bisa turun sebagai bek.

Selama menukangi Bayern Munich, Guardiola menggeser Philip Lahm dari bek sayap menjadi gelandang bertahan. Sekarang Guardiola yakin bahwa Fernandinho bisa berkembang untuk area lini bertahan The Citizens.

“Dalam pandangan saya Fernandinho bisa bermain di 10 posisi berbeda. Dia punya kualitas untuk memainkan peran apapun. Dia cepat, pemain yang cepat, sangat cerdas, agresif dan tangguh dalam udara,” kata Guardiola, seperti dilansir Goal.

“Ia bisa turun sebagai bek tengah. Dia mempunyai kemampuan membangun permainan dengan baik. Kami pikir dia bisa bermain di sana,” tutur pelatih asal Spanyol ini.

Guardiola mengaku dirinya gemar menjadikan seorang gelandang bertahan sebagai bek tengah. Pasalnya sang pemain bakal mampu melancarkan umpan-umpan yang baik dari belakang.

Eks manajer Barcelona ini turut mengungkapkan betapa dirinya menyukai kehidupan di City. Guardiola pun memberi pujian kepada sikap para pengawanya sejak dipilih sebagai manajer.

“Saya sangat berterima kasih pada pemain-pemain saya, menerima bagaimana cara saya melatih, cara mereka mencoba untuk mengerti saya,” paparnya.

“Tiap pelatih punya ide dan visi sendiri dari awal. Untuk manajer tak mungkin meraih kemenangan saat pemain tidak menginginkannya, namun itu tidak terjadi. Mereka pemain hebat,” jelasnya.