Hummels Sudah Siap Hadapi Sorakan Fans Dortmund

Mats Hummels telah siap menunggu nasibnya disoraki fans Borussia Dortmund. Namun pertandingan menghadapi Dortmund dia sebut sebagai sesuatu yang spesial.

Hummels memilih pergi dari Dortmund untuk menyeberang ke klub rival abadi Dortmund, Bayern Munich, dan berpeluang bersua bekas klubnya tersebut di Piala Super DFL. Pertandingan yang mempertemukan jawara Bundesliga dan DFB Pokal itu itu bakal dilangsungkan pada Minggu (14/8/2016) di stadion milik Dortmund, Signal-Iduna Park.

Lantaran Bayern berhasil menyapu bersih Bundesliga dan DFB Pokal musim lalu, maka jatah untuk satu tim lainnya diperuntukkan untuk Dortmund yang finis di tempat kedua klasemen Bundesliga musim lalu.

Ini menjadi kali pertama bagi Hummels melawan Dortmund sebagai rival usai mendarat di Bayern. Defender 27 tahun itu sejatinya adalah didikan akademi Bayern. Tapi musim 2007/2008 usai cuma bermain sekali di liga, Hummels memutuskan hijrah ke Dortmund.

Selama sembilan tahun membela Die Borussen, dia membawa klub asal Lembah Ruhr itu dua kali memenangi Bundesliga, satu kali menjuarai DFB Pokal, dan dua kali menjuarai Piala Super DFL. Justru Hummels juga sempat jadi kapten Dortmund. Inilah yang kemudian menyebabkan transfernya menyisakan kekecewaan mendalam dalam hati pendukung Dortmund.

“Saya sendiri sudah bersiap untuk itu (jika disoraki pendukung Dortmund). Namun itu takkan merubah pandangan saya (terhadap mereka). Pertandingan nanti tetap spesial bagi saya,” ujar Hummels seperti dilansir Soccerway.

“Keputusan tersebut (pindah ke Bayern) butuh kekuatan dan saya sempat pusing selama beberapa pekan. Prosesnya juga panjang dan amat sulit.”

Lantas kenapa Hummels memilih untuk meninggalkan Dortmund dan bergabung dengan Bayern? Jawabannya adalah gelar.

“Dortmund dan Bayern merupakan dua tim yang saya perkuat sejauh ini. Namun Bayern merupakan salah satu dari tiga tim terbaik di dunia dan memiliki kesempatan untuk menjuarai segalanya setiap tahun. Pada akhirnya, faktor itulah yang menentukan kepindahan saya,” kata Hummels.