Wenger Kaget Dengan Kemampuan Xhaka

Pemain tengah Arsenal, Granit Xhaka, di dua laga belakangan ini melesakkan dua gol jarak jauh. Hal ini kemudian membuat kaget sang pelatih Arsene Wenger.

Xhaka menjadi salah seorang nama baru yang direkrut musim panas ini usai direkrut dari Borussia Monchengladbach seharga 30 juta poundsterling. Tidak salah Arsenal merekrutnya dnegan banderol tinggi saat dirinya langsung menjadi tumpuan di barisan tengah.

Dicatatkan oleh, Xhaka empat kali bermain di pentas Premier League dengan sumbangan satu gol. Rata-rata dia membuat dua tekel, 1,3 intersep, 1,8 dribel, dan 0,3 blok.

Kendati beroperasi sebagai gelandang bertahan, kemampuan Xhaka tidak kalah bagus ketika menyerang dengan rata-rata melepaskan 53,8 passing dengan akurasi 86 persen.

Naluri mencetak gol pemain asal Swiss ini terbukti lagi kala Tim Gudang Peluru meraih kemenangan telak empat gol tanpa balas atas Nottingham Forest pada babak ketiga Piala Liga Inggris, Rabu (21/9/2016) dinihari WIB tadi.

Xhaka membuat gol ketika melalui sepakan kaki kirinya lagi dari jarak sekitar 25-30 yard yang menghujam deras jala Forest. Proses gol tersebut serupa dengan yang dia cetak ke jala Hull City akhir pekan lalu.

Hal inilah kemudian membuat Wenger kaget lantaran dia tak menyangka Xhaka mampu menciptakan gol-gol seperti itu.

“Saya akui tak tahu banyak (soal kemampuan Xhaka). Saya cuma tahu dia memiliki tendangan yang bagus. Namun dia tampil cukup ke ke dalam musim lalu (di Borussia Moenchengadbach) dan tak banyak melakukan serangan,” ujar Wenger di Soccernet.

“Namun saya harap ini bisa membuat dia lebih sering. Akan bagus apabila dia memiliki kepercayaan diri seperti itu dan tahu jika dia juga bisa mencetak gol demi gol,” sambungnya.