Peran Baru, Joe Allen Merasa Lebih Subur

Joe Allen tengah menikmati masa-masanya di Stoke City. Klub anyar dan posisi berbeda membuat Allen sekarang justru lebih garang di mulut gawang lawan.

Sebenarnya Allen bukan seorang gelandang yang produktif lantaran dirinya lebih kerap berada di depan lini pertahanan, sebagai double pivot, peran yang kerap ia jalani saat di Swansea City dan Liverpool.

Tak mengejutkan jika ia belum membuat gol lebih dari empat per musim yang dicapainya bersama Swansea pada 2011/2012. Bahkan ketika membela Liverpool, Allen paling banyak mencetak tiga gol pada tahun terakhirnya di Anfield.

Maka wajar saja saat Allen hengkang ke Stoke dan sekarang sudah mengkoleksi empat gol plus dua assist dari 10 penampilan di Premier League, banyak orang merasa heran. Allen bahkan menjadi top skorer sementara The Potters sejauh musim ini ini.

Perihal masa suburnya sekarang ini, Allen menyatakan jika hal itu tak luput dari hasil belajarnya dengan dua pemain Wales, Gareth Bale dan Aaron Ramsey, yang beroperasi sebagai gelandang namun memiliki naluri mencetak gol tinggi.

“Pastinya wajar bagi tiap pemain bisa melakukan itu. Di timnas Wales, anda memiliki rekan seperti Gaz (Bale) dan Aaron, anda pun banyak belajar dari mereka,” ujar Allen seperti dikutip Daily Mail.

“Namun saya juga merasa bersyukur pernah satu tim bersama Coutinho dan Adam Lallana di Liverpool. Posisi main mereka mirip-mirip dengan yang saya jalani saat ini, anda bisa mendapat ilmu dari mereka,” sambungnya.

“Sudah tentu berbeda. Saat anda bermain di posisi gelandang bertahan, kadang anda tak usah menekan lawan terlalu sering namun itu sekarang tugas utama saya saat ini, coba menekan lawan di daerah mereka.”

“Inilah kelebihan dari posisi no.10, itu membuat anda bisa melakukannya dan saya sedang menikmatinya,” tutupnya.

Tidak hanya subur di level klub, Allen pun telah mendulang dua gol dari 10 penampilan bersama timnas di tahun ini. Keduanya ia kemas dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2018.