Xavi Klaim Ronaldo Tak Layak Raih Ballon d’Or

Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez, menyebut Cristiano Ronaldo tidak layak memenangi Ballon d’Or tahun ini. Apa alasan Xavi berkata begitu?

Ronaldo meraih penghargaan itu usai meraih suara terbanyak dalam jajak pendapat yang dilakukan Majalah France Football terhadap jurnalis olahraga di berbagai penjuru dunia, Ronaldo meraih suara lebih banyak dibandingkan Lionel Messi yang ada di belakangnya.

Menilik prestasinya musim ini, tentu Ronaldo layak menggungguli Messi. Ronaldo merengkuh titel Liga Champions bersama Real Madrid dan membawa Portugal menjuarai Piala Eropa. Sedangkan Messi gagal mempersembahkan trofi Copa America Centenario.

Akan tetapi Xavi tidak setuju karena Ballon d’Or tak sekadar cuma dinilai dari gelar apa yang diraih seorang pemain sepanjang tahun, tapi juga soal skill serta aksi di atas lapangan. Terkait itu, Messi dianggap unggul jauh ketimbang Ronaldo.

“Mereka menghitung dari jumlah gelar yang diraih namun di tahun-tahun lainnya mereka tak memakai tolok ukur itu sebagai penentu pemain terbaik dunia,” ujar Xavi seperti dikutip Soccerway.

“Leo Messi tetaplah yang terbaik walaupun pemain lain memenangi gelar lebih banyak,” sambungnya.

Untuk Ronaldo, ini merupakan titel Ballon d’Or keempat untuknya. Menyangkut komentar Xavi, pesepakbola asal Portugal tersebut tak ingin memusingkannya.

“Semua orang tahu jika siapapun ingin menjadi tajuk utama maka harus bicara soal saya. Xavi belum pernah memenangi satu pun Ballon d’Or, sedangkan saya memiliki tiga,” sahut Ronaldo.