Cibir Wasit, Sagna Disanksi Rp 600 Juta

Bacary Sagna mendapat sanksi akibat ulahnya menyindir wasit di media sosial. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menjatuhkan denda kepada bek Manchester City itu.

Kasus itu terjadi setelah City menang 2-1 atas Burnley di Etihad Stadium pada 2 Januari lalu. Di pertandingan tersebut City harus berjuang keras meraih kemenangan lantaran tampil dengan 10 pemain sejak paruh pertama.

Fernandinho mendapat kartu merah oleh wasit setelah dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Johann Berg Gudmundsson. Dan setelah pertandingan, Sagna menyindir sang wasit di instagram dengan menulis “10 lawan 12…namun tetap berjuang dan menang sebagai sebuah tim”.

Kendati beberapa waktu lalu merubah unggahannya yaitu dengan menghapus bagian 10 lawan 12, namun tindakan Sagna terlanjur diketahui FA yang lantas melayangkan dakwaan. Pada akhirnya ia disanksi uang sebesar 40 ribu poundsterling atau sekitar 660 juta rupiah, plus peringatan menyangkut sikapnya ke depan.

“Bacary Sagna sudah didenda sebesar 40.000 poundsterling atas pelanggaran menyangkut komentar yang diunggah di media sosial. Pemain milik Manchester City tersebut juga mendapatkan peringatan soal tindakannya ke depan, seiring sesi dengar pendapat Komisi Regulasi Independen,” demikian pernyataan FA seperti dikutip Soccerway.

Sagna dinyatakan bersalah akibat dianggap sudah meragukan integritas ofisial pertandingan, dan/atau menduga dan/atau menyiratkan bias dari ofisial laga, dan/atau membuat laga ke arah nama buruk yang bertentangan dengan aturan E3(1).