Dortmund Boyong The Next Ibrahimovic

Barisan pilar muda Borussia Dortmund semakin panjang. Dortmund baru saja merekrut bomber muda asal Swedia, Alexander Isak, yang diklaim sebagai “Zlatan Ibrahimovic Baru”.

Dortmund mendatangkan Isak dari klub Swedia, AIK, dengan banderol transfer yang konon menyentuh angka 10 juta euro (sekitar Rp 143 miliar). Pemain yang sekarang berumur 17 ahun itu sudah menyetujui kontrak jangka panjang dengan Die Borussen.

Untuk mendapat jasa si pemain, Die Borussen harus bertarung dengan sejumlah klub besar Benua Biru. Kabarnya Real Madrid ikut menginginkan pemain berdarah Eritrea itu.

“Alexander merupakan penyerang dengan bakat luar biasa, yang diinginkan oleh sederet klub top di Eropa. Kami senang dirinya sudah memilih Borussia Dortmund. Baik BVB maupun si pemain yakin jika transfer ini punya potensi besar,” ujar Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, di situs resmi klub.

Kendati berpostur menjulang tinggi besar (1,9 meter), Isak memiliki kecepatan dan gesit di atas lapangan. Ia pun piawai dalam situasi man to man serta penyelesaian akhir mematikan. Kemampuannya pun dibanding-bandingkan dengan Ibrahimovic.

Usai menimba ilmu di akademi AIK, Isak dipromosikan ke tim utama pada 28 Februari 2016. Dalam pertandingan debutnya itu, ketika masih berusia 16 tahun langsung mencetak satu gol. Dari total 29 laga yang dijalani, ia mendulang 13 gol.

Di usia yang masih amat muda, Isak sudah punya pengalaman di kencah internasional. Ia menjalani debut di timnas Swedia dalam pertandingan kontra Pantai Gading, 8 Januari lalu. Selang beberapa hari, ia membuat gol perdana di timnas saat Swedia menghantam Slovakia 6-0.