Salomon Kalou Pensiun dari Timnas Pantai Gading

Piala Afrika 2017 jadi kompetisi internasional terakhir bagi Salomon Kalou bersama tim nasional Pantai Gading. Kalou memilih mundur dari tim nasional usai negaranya tersisih dari babak penyisihan grup.

Kalou tidak sanggup membawa Pantai Gadaing selamat dari kekalahan dalam pertandingan menghadapi Maroko, Rabu (25/1/2017) dinihari WIB. Kekalahan dengan skor 0-1 itu membuat skuat Les Elephants gagal melangkah ke perempatfinal.

Pantai Gading, sebagai sang jawara bertahan, terdepak karena hanya finis posisi tiga klasemen Grup C dengan koleksi dua angka dari tiga pertandingan. Dari grup itu, tim yang lolos ialah Republik Demokratik Kongo dan Maroko.

Seusai Pantai Gading dipastikan terdepak, Kalou mengumumkan keputusannya gantung sepatu dari tim nasional.

“Usia saya sudah 31 tahun. Ini merupakan Piala Afrika keenam saya. Saya pernah melangkah ke final dan menjadi juara,” ujar Kalou seperti dikutip AFP.

“Kali ini semuanya tidak berjalan mulus. Ada pemain-pemain muda seperti (Franck) Kessie, (Wilfried) Zaha, saya lihat mereka pemain masa depan sepakbola Pantai Gading dan saya berdoa yang terbaik untuk mereka,” kata eks penyerang Chelsea itu.

Kalou, yang kini bermain untuk klub Bundesliga Jerman, Hertha Berlin, membela timnas Pantai Gading sejak 2007. Sejauh ini ia bermain sebanyak 93 laga untuk negaranya dan menorehkan 28 gol.