Sudah Gelontorkan Uang Banyak, Shenhua Gagal Tembus Liga Champions Asia

Telah mengucurkan banyak dana di jendela transfer, Shanghai Shenhua justru gagal lolos fase grup Liga Champions Asia. Klub pun meminta maaf kepada para fansnya.

Shenhua adalah salah satu klub China Premier League yang disorot seantero dunia pada bursa transfer Januari lalu. Apalagi jika bukan karena langkah klub merekrut Carlos Tevez.

Memang banderol Tevez tidak mahal-mahal amat, kabarnya tidak lebih dari 20 juta poundsterling, akan tetapi bekas pemain Juventus dan Boca Juniors itu dibayar senilai 615 ribu pound per pekan atau sekitar Rp 10 Miliar.

Maka wajar apabila Tevez dan Shenhua dibebani ekspektasi tinggi oleh fans mereka pada musim 2017 ini. Shenhua tak mau lagi klub kesayangan hanya finis di empat besar seperti musim lalu.

Shenhua dituntut bisa bersaing dengan Guangzhou Evergrande yang dalam beberapa tahun belakangan selalu menjadi kampiun plus tentunya melaju jauh di Liga Champions Asia musim ini.

Tapi sayang untuk target kedua, Shenhua dipastikan gagal merealisasikannya karena mereka tumbang dua gol tanpa balas dari klub Australia, Brisbane Roar, di play-off Liga Champions, Rabu (8/2/2017) malam WIB kemarin.

Padahal di pertandingan tersebut Shenhua yang sekarang dibesut Gus Poyet sudah menurunkan Tevez sebagai starter dan juga Obafemi Martins. Lebih mengecewakannya lagi hasil itu mereka terima di markas sendiri, Hongkou Football Stadium.

Atas hasil tersebut, Shenhua lantas meminta maaf pada para suporternya secara resmi yang telah datang ke stadion meski cuaca kota Shanghai tengah dingin-dinginnya.

“Kami minta maaf sebesar-besarnya kepada para fans yang telah berani melawan dinginnya udara untuk mendukung kami karena apa yang terjadi di lapangan sangat memalukan,” demikian pernyataan resmi Shenhua di Weibo.

“Seluruh pemain telah berjuang sekuat tenaga dan kami juga memiliki hasrat serupa untuk menang.”

“Namun bagaimana juga sepakbola adalah dunia yang kejam. Saat anda tidak berhasil memaksialkan peluang, maka kans untuk menang akan berkurang. Kami kecewa dan sedih atas kekalahan ini tetapi tim tidak akan menyerah.”

“Semangat Shenhua tidak akan terhenti hanya karena satu pertandingan. Tim bakal berupaya sekeras mungkin untuk menghadapi musim baru di Liga Super China dan menghadapi segalanya kembali dari awal.”

Kekalahan tersebut membuat Shenhua cuma akan berkecipung di fase grup Piala AFC.