Inilah Nominator FIFA Puskas Award 2017

FIFA Puskas Award 2017, nominasi FIFA Puskas Award 2017,

FIFA Puskas Award

Ajang penghargaan FIFA Puskas Awards 2017 akan segera digelar untuk mengetahui pencetak gol terbaik selama setahun terakhir belakangan, bahkan saat ini telah diumumkan para nominatornya. Sepuluh usaha  spektakuler menanti untuk dapat meraih hadiah kompetisi tersebut, dengan nama besar seperti Nemanja Matic dan Olivier Giroud di antara mereka yang tercantum.

Penghargaan Puskas merupakan yang dinamai striker legendaris Real Madrid dan Hungaria Ferenc Puskas – juga menyinari beberapa pemain yang kurang dikenal, meskipun, dengan Mohd Faiz Subri dari klub Malaysia Penang, juara bertahan tersebut.

FIFA Puskas Award adalah sebuah penghargaan yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 2009 oleh FIFA, atas perintah presiden FIFA sebelumnya Sepp Blatter, untuk memberikan penghargaan kepada pemain, pria atau wanita, yang dinilai memiliki mencetak tujuan yang paling estetis, atau “paling indah”, tahun ini.

Penghargaan tersebut untuk menghormati Ferenc Puskas, striker Real Madrid pada akhir 1950-an dan 1960-an, dan anggota sentral dari kubu Hungaria yang sangat sukses di era yang sama. Puskas secara luas dianggap oleh banyak orang sebagai pesepakbola Eropa paling kuat dan produktif yang dihasilkan di sepakbola divisi satu, dan mencetak rekor dunia sebanyak 84 gol di 85 pemain internasional. Dia adalah salah satu pencetak gol terbanyak abad ke-20 dengan 512 gol dalam 528 pertandingan.

“Penting untuk menjaga kenangan akan orang-orang hebat sepakbola, yang telah meninggalkan jejak mereka dalam sejarah kita. Ferenc Puskas bukan hanya pemain dengan bakat luar biasa yang memenangkan banyak penghargaan, tapi juga pria yang luar biasa. Karenanya FIFA senang memberi penghormatan kepada dia dengan mendedikasikan penghargaan ini untuk mengenangnya, “kata Blatter saat meresmikan penghargaan di Budapest.

Penghargaan tersebut pertama kali diselenggarakan antara Juli 2008 sampai Juli 2009. Penghargaan tersebut dipresentasikan untuk pertama kalinya di FIFA World Player of the Year Gala 2009 pada tanggal 21 Desember di Swiss, dengan Cristiano Ronaldo menjadi pemenang pertama.

Sementara untuk penghargaan 2017 ini, periode kelayakan adalah gol yang dicetak antara 1 Oktober 2016 sampai 2 Juli 2017.

Penghargaan tersebut diharapkan bisa memberi penghargaan atas gol terbaik yang dicetak “terlepas dari kejuaraan, gender atau kebangsaan” dan daftar pendek awal dari 10 gol diputuskan oleh sekelompok pakar bola, dimana tahun ini terdiri dari Alan Shearer, Celia Sasic, Abby Wambach, Henrik Larsson dan Predrag Mijatovic.

Publik kemudian memberikan suara pada daftar 10 untuk menentukan pemenangnya. Siapapun bisa memilih pemain pujaannya.

Bagian pertama dari proses pemungutan suara ini pun sekarang sudan dibuka. Kita semua dapat memberikan suara di situs resmi FIFA. Dan pada bulan depan, dimana saat ini FIFA belum menentukan kapan tepatnya, tiga besar akan diumumkan berdasarkan suara yang telah diajukan hingga saat itu.

Pemungutan suara kedua kemudian akan dimulai setelah daftar tiga pemain tersebut diturunkan untuk menentukan pemenangnya. Pemungutan suara tersebut akan ditutup pada hari upacara itu yang diselenggarakan tanggal 23 Oktober di acara The Best FIFA Football Awards di London.

Saat itu diselenggarakan juga hadiah untuk Men’s Player of the Year yang akan dipresentasikan, dimana Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Neymar termasuk nominatornya.

Terdapat 10 nominasi yang masuk dari FIFA Puskas Awards 2017 :

  1. Kevin-Prince Boateng
  2. Alejandro Camargo
  3. Deyna Castellanos
  4. Olivier Giroud
  5. Avilés Hurtado
  6. Moussa Dembele
  7. Mario Mandzukic
  8. Oscarin Masuluke
  9. Nemanja Matic
  10. Jordi Mboula