Premier League Merupakan Pemboros Teratas Di Eropa Di Musim Panas Ini

Premier League kit, Premier League, Liga Inggris

Premier League kit

Diketahui saat ini ternyata klub sepak bola Inggris merupakan pemboros teratas di bursa transfer musim panas ini dengan total nilai sebesar 2,75 miliar poundsterling. Perbandingan ini dilakukan dengan lima liga besar Eropa lainnya di bursa transfer yang baru saja ditutup, dan hal itu bisa dikatakan pembelanjaan terbesar didunia untuk saat ini.

Memang kubu Liga Premier melakukan banyak merekrut pemain baru untuk dapat menungguli persaingan papan atas yang sangat sengit. Namun tak diduga mereka memapu memnucaki grafik yang menurut FIFA, mereka telah menghabiskan lebih dari dua kali lipat jumlah biaya transfer dibandingkan liga lainnya di Eropa.

Meskipun di pekan terakhir bursa transfer pemain melihat Neymar menjadi penandatangan termahal di dunia dengan nilai 222 juta Euro (dari Barcelona ke Paris Saint-Germain) dan Ousmane Dembele (dari Borrusia Dortmund ke Barcelona), namun ​​Premier League tetap menjadi pemboros terbesar.

FIFA telah menganalisa terhadap lima negara besar yang memiliki kompetisi yang sangat kompetitif yaitu  Inggris, Spanyol, Jerman, Italia dan Prancis. Mereka telah menunjukkan bahwa klub-klub tersebut telah mencapai tingkat pembelanjaan tertinggi di musim panas kemarin, dengan total 3,67 miliar dolar atau setara dengan 2,75 miliar poundsterling atau lebih dari 48, 3 trilyun rupiah. Dan ini berarti pembelanjaan mereka telah meningkat 31,7% dibandingkan tahun lalu, meski jumlah penawaran hanya naik sebesar 6,2%.

Klub di Premier League tersebut telah membelanjakan sepertiga dari total itu, dimana mereka mengeluarkan dana sebesar 1,4 milyar dolar  dengan total 526 pemain, dan menghasilkan 477 juta juta dolar dari penjualan.

Tercatat Manchester City telah menghabiskan dana lebih dari 200 juta poundsterling untuk menambah kekuatan kubu yang diasuh oleh Pep Guardiola, sementara Manchester United dan Chelsea juga masing-masih menghabiskan lebih dari 100 juta poundsterling.

La Liga adalah pemboros terbesar berikutnya, dengan menelan biaya sebesar 639,5 juta dolar atau setara dengan 480 juta poundsterling,  namun uang sebesar 752,3 juta dolar atau 565 juta poundsterling  yang mereka terima, lebih dari negara lain. Dan mereka satu-satunya negara yang menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan yang mereka habiskan.

Klub-klub Prancis memiliki musim yang sangat sibuk. Dengan pengeluaran luar biasa dari PSG, Prancis mendapatkan penerimaan dari Monaco yang telah melepaskan Benjamin Mendy, Bernardo Silva dan Tiemoue Bakayoko, serta Lyon yang juga memperoleh keuntungan besar dari penjualan Alexandre Lacazette dan Corentin Tolisso. Secara kolektif, mereka menghabiskan total 604,1 juta dolar atau setara dengan 455 juta poundsterling , dan ada sedikit transfer masuk ke Prancis  dibanding negara lain dimana mereka menghasilkan 579,4 juta dolar atau setara dengan435 poundsterling.

Dengan demikian, tinggal Jerman dan Italia saja negara yang tidak melampaui angka pengeluaran sebelumnya, yaitu sebesar 519 jutaa dolar atau setara dengan 391 juta poundsterling dan $ 506,8 juta dolar atau setara dengan 382 juta poundsterling.