Arsenal Pinjamkan Empat Pemain Mudanya Di Penghujung Bursa Transfer Januari

Jeff Reine-Adelaide, Chuba Akpom, Krystian Bielik, Julio Pleguezuelo,

Arsenal Jersey

Klub Prancis Angers SCO telah mendapatkan bala bantuan dari dari klub raksasa Inggris Arsenal tepat sebelum bursa transfer Januari ini ditutup, tanggal 31 Januari. Namun bantuan berupa pemain pinjaman hingga akhir musim itu, tak hanya untuk Angers saja melainkan untuk klub lainnya seperti Sint-Truidense Walsall FC dan juga Gimnàstic de Tarragona.

Memang Arsenal memiliki segudang pemain muda berbakat di akademinya, namun sayangnya tak memiliki banyak tempat di squad utamanya, sebelum pemain tersebut mampu menampilkan performa yang bisa dirasa mampu bersaing di kompetisi tertinggi di Inggris. Karena itulah mereka menyebar pemain mudanya untuk mendapatkan pengalaman dan menit bermain lebih dan berharap mampu menampilkan performa terbaiknya yang akan berguna dikemudian hari.

Di penghujung bursa transfer tanggal Januari 2018 ini, ada empat pemain muda yang telah berhasil mereka kirimkan ke beberapa klub lainnya seperti gelandang muda Jeff Reine-Adelaide, striker Chuba Akpom, serta bek Krystian Bielik dan Julio Pleguezuelo, dengan status pinjaman untuk sisa musim ini.

Reine-Adelaide merupakan pemain berusia 20 tahun yang  akan dipinjamkan untuk Angers, sebuah klub yang berada di negara asalnya, Prancis. Ia memang telah dipandang sebagai salah satu pemain paling menjanjikan di akademi Arsenal setelah bergabung sebagai pemain berusia 17 tahun pada tahun 2015 dan bermain dalam enam pertandingan Piala FA dan Piala Liga selama musim 2016-17.

Sementara Chuba Akpom, yang merupakan striker jebolan akademi Arsenal selama hampir satu dekade, telah gagal masuk ke tim utama Arsenal. Bahkan sejak Januari 2014, saat usianya 18 tahun, Ia rutin dikirimkan keberbagai klub oleh Arsenal, khususnya di Liga Inggris seperti Brentford, Coventry Nottingham Forest, Hull dan Brighton. Namun di Januari ini ia dipinjamkan menuju Sint-Truidense, sebuah klub dyang bermain di divisi utama Belgia.

Walaupun pemain berusia 22 tahun itu telah sering dilibatkan di timnas Inggris Junior mulai dari U16 hingga U21 (kecuali U-18) dan rutin mencetak angka, Ia namun belum pernah membuktikan dirinya di tim asuhan Arsene Wenger.

Julio Pleguezuelo merupakan pemain asal Spanyol yang diirimkan kembali kenegaranya membela Gimnàstic de Tarragona, klub yang bermain di divisi kedua Liga Spanyol. Bek Internasional U-16 hingga U-18 itu sempat mengasah diri di beberapa akademi klub terkemuka seperti Espanyol, Atletico Madrid, bahkan Barcelona, namun pada akhirnya Ia juga berlum berhasil membuat Wenger tertarik padanya walaupun sempat dipinjamkan oleh RCD Mallorca, klub yang bermain di liga yang sama dengan Gimnastic.

Pemain muda berikutnya yang dikirimkan oleh Arsenal di Januari ini adalah Krystian Bielik, pemain bertahan Internasional Polandia yang telah dilibatkan U-16 sampai U-19. Namun tidak seperti ketiga rekannya yang bermain di negara asalnya, pemain berusia 20 tahun itu dikirmkan menuju Walsall FC, sebuah klub yang bermain di lapis ketiga divisi liga Inggris.

Tahun lalu, Ia bermain di Birmingham City, namun sepertinya pemain yang diboyong oleh Arsenal dengan biaya 2,4 juta poundsterling pada Januari 2015 lalu, juga belum bisa mendapatkan sebuah tempat di lini belakang tim utamanya

Demikianlah empat pemain muda Arsenal yang berhasil melakukan penandatanganan dipenghujung bursa transfer 31 Januari kemarin, dimana mereka diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menunjukkan bakatnya.